Cara Membersihkan Kompor Gas

Hampir semua rumah tangga menggunakan kompor gas untuk memasak. Walaupun jenis kompor banyak macamnya, namun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia yaitu kompor gas dengan saluran yang dihubungkan dengan tabung gas. Pemilihan jenis kompor di rumah Anda tergantung pada kebutuhan dan kemampuan ekonomi Anda. Sebelum Anda menentukan kompor mana yang lebih baik untuk rumah tangga Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis kompor yang terjual di pasaran.

Kompor Freestanding

Jenis kompor ini sering digunakan untuk restaurant atau hotel. Bentuknya kotak dan sedikit lebih besar akan memakan tempat di area dapur Anda. Namun kompor ini memiliki dua fungsi. Pada bagian atas disediakan kompor dengan 4 tungku dan pada area bawah memiliki fitur oven, sehingga Anda dapat dengan mudah memasak dan menghangatkan makanan dengan satu alat saja. Kompor ini masih jarang sekali digunakan untuk kompor rumah tangga terutama di Indonesia.

Kompor Tanam

Kompor ini biasa dikenal dengan hob, kompor tanam ini biasanya memiliki 2-4 tungku. Pada umumnya kompor ini terbut dari stainless steel atau baja. Pada bagian atas dilapisi dengan crystal glass. Dinamakan kompor tanam karena peletakan dan pemasangan kompor ini ditanam pada permukaan meja sehinggai terlihat sejajar dengan permukaan meja. Tujuannya tentu agar dapur terlihat lebih rapih dan bersih.

Kompor Induksi

Bila Anda tidak mau repot-repot mengganti gas, kompor ini menjadi pilihan untuk Anda karena dinilai praktis. Sistem kerja kompor ini bersumber dari tenaga listrik tanpa mengeluarkan api sedikitpun. Dari sumber listrik tadi kemudian disalurkan pada penghantar logam sehingga menciptakan panas. Namun pada saat penggunaan awal, kompor ini akan sangat memakan banyak daya listrik. Sebaiknya jika ingin menggunakan kompor ini tidak dipakai berbarengan dengan perangkat listrik lainnya, agar tidak terjadi gangguan listrik di rumah Anda. Kompor ini juga memiliki banyak fitur yang dapat diatur seperti pengaturan panas dan fitur timer.

Kompor Portabel

Kompor yang satu ini mirip dengan kompor induksi. Yang membedakan adalah jika Anda menyentuh kompor ini. Kompor listrik ini jika tersentuh akan langsung terasa panas, berbeda dari kompor induksi Anda tidak akan terasa panas. Untuk tingkat panasnya, level panas yang dihasilkan lebih kecil dibanding kompor induksi. Model ini memiliki dua sumber, ada yang dari gas dan ada yang dari listrik. Yang paling sering digunakan yaitu kompor portable gas. Karena portable, jadi anda bisa membawanya dengan mudah jika mau berpergian.

Kompor Gas

Kompor gas ini digunakan dengan bahan bakar gas alam atau liquid petroleum gas alias lpg. Kompor gas yang satu ini banyak digunakan oleh rumah tangga pada umumnya di Indonesia. Karena dinilai praktis dan harga yang cukup terjangkau membuat kompor gas ini laris manis di pasaran.

Banyak masyarakat yang beranggapan masalah kompor gas itu bukan masalah sepele, bisa berakibat fatal yaitu meledak apabila kita salah memperbaiki. Ya memang ada benarnya, namun bukan berarti membersihkan kompor perlu dilakukan oleh tukang service kompor gas. Anda sendiri juga bisa lho melakukannya di rumah jika sudah mengetahui caranya. Untuk itu, berikut tips bagaimana cara membersihkan kompor gas pada rumah Anda.

  • Cabut kepala selang yang terpasang pada tabung gas dan bagian belakang kompor. Kemudian bersihkan seluruh permukaan selang menggunakan lap basah.
  • Pada bagian kompor, lepaskan bagian selang gas, kepala tungku api, corong api, pemantik api hingga tombol kompor.
  • Kompor yang terbuat dari stainless steel cukup dibersihkan dengan lap kering. Jika ada bekas makanan yang menempel bersihkan dengan lap yang dicelupkan air lalu bersihkan kembali dengan air bersih.
  • Tungku bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembab kemudian di lap sampai bersih.
  • Setelah semua selesai dibersihkan, pastikan selang yang menyalurkan gas dari tabung gas ke pipa kompor masuk sedalam mungkin. Hal ini tentu untuk mencegah kebocoran gas.
  • Setiap kali setiap memasak, jangan lupa untuk bersihkan bagian badan kompor menggunakan lap kering. Jangan tunggu hingga kotoran mengerak karena akan semakin sulit untuk dibersihkan.
  • Jika minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas kemudian lap dengan kain kering.
  • Jika ada bekas makanan yang menempel, bersihkan dengan lap basah diberi sabun kemudian lap dengan kain kering.
  • Bersihkan juga tombol kompor dengan kain atau busa kering dari kotoran dan minyak yang menempel.
  • Tabung gas dapat dibersihkan cukup cuci dengan sabun cuci biasa dan bilas sampai bersih.

Itu dia tips bagaimana cara membersihkan kompor gas di rumah Anda. Apabila kompor Anda mengalami masalah dan tidak tahu bagaimana memperbaikinya, jangan coba-coba untuk memperbaikinya sendiri. Karena bisa saja berakibat fatal yang merugikan seluruh rumah. Segera hubungi tukang service kompor gas terdekat di area anda! Semoga tips ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktekkannya di rumah. Selamat mencoba!